Metode Bored Pile Ada 2

Metode bore pile basah (wash boring)

Metode ini menggunakan mata bore pile cross bit untuk mengikis tanah,yang diputar menggunakan stang bor yang terhubung dengan selang air yang berfungsi meneruskan dorongan air dari mesin alkon pompa sampai ujung mata bor tersebut.Dorongan air tersebut berfungsi mempercepat pengeboran serta mengangkat lumpur limbah bore pile keatas dari dasar lubang bor.Limbah lumpur tersebut dialirkan kegalian sirkulasi yang sudah dibuat sebelumnya yang telah diisi air ,begitulah proses pengeboran pondasi bore pile berjalan,air digalian sirkulasi disedot menggunakan pompa alkon dan lumpur bor masuk kedalam galian sirkulasi,sampai air bercampur lumpur menjadi pekat saatnya untuk membuang limbah digalian sirkulasi untuk diganti dengan air yang baru.

Pengeboran bore pile jika sudah sampai kedalaman yang dibutuhkan,maka proses selanjutnya adalah pemasangan rakitan besi kedalam lubang bor sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan.Pipa tremi dimasukan kedalam lubang didalam lingkaran rakitan besi bor pile sampai kedasar lubang,ini berfungsi untuk meneruskan beton pada saat pengecoran nanti supaya terjaga kualitas beton yang dihasilkan.Proses selanjutnya tentu saja pengecoran sampai lubang penuh dan lebih baik jika beton dilebihkan sedikit dari lubang agar hasilnya baik dan air yang bercampur lumpur terbuang semua.

Metode bore pile kering (dry boring)

Metode bor kering menggunakan mata bore pile spiral untuk mengikis tanah ,diputar sampai mata bor tersebut penuh terisi tanah biasanya per 0,5 meter kemudian diangkat dan dibuang,begitu proses berjalan sampai dengan kedalaman yang dibutuhkan.Terkadang juga diperlukan sedikit air untuk melunakan tanah saat pengeboran.Perlu di ingat metode bore pile kering ini hanya bisa dilakukan sampai dengan level air tanah ,jika sudah ditemukan air pada kedalaman tertentu maka metode ini tidak bisa dilanjutkan karena tanah tidak bisa diangkat keatas.

Untuk proses selanjutnya seperti fabrikasi besi dan pengecoran sama dengan metode wash boring,untuk pemasangan pipa tremi jika didalam lubang bor tidak terdapat air tidak terlalu dibutuhkan,karena tidak terlalu berpengaruh.

Hal-hal yang diperhatikan dalam proses pengerjaan Jasa bor pile

1.Jenis dan Struktur Tanah

Jenis dan struktur tanah sangat mempengaruhi proses pengeboran. Kendala di lapangan yang sering terjadi jika struktur tanah berpasir atau basah yang mudah bergerak / rawan longsor. Kendala seperti ini akan menyulitkan dalam proses penarikan mata bor setelah proses pengeboran. Kesalahan yang mungkin terjadi akan mengakibatkan kelongsoran hingga tertutupnya kembali lubang yang telah di buat.

2.Tingkat Kandungan Air Permukaan Tanah

Tingkat kandungan air pada permukaan tanah sangat mempengaruhi besarnya tekanan pada mata bor dan dinding lubang sumur. Jika tingkat kandungan air tanah sangat dangkal maka lubang sumur akan mudah tergenang air dan banjir, tentu saja berakibat lubang sumur akan longsor. Selain kendala longsor tekanan air yang berlawanan ke arah atas pun akan menambah hambatan pada mata bor.

3. Kondisi Tempat dan Area Pengeboran

Jika area pengeboran tergenang air, tidak memungkinkan untuk menggunakan pondasi sistem bor pile, dikarenakan pengaruh negatif terhadap faktor air semen bor pile. Area tanah yang tergenang air akan menyulitkan penempatan mesin bor.

Alat Bore Pile

Untuk mengerjakan sebuah proyek pekerjaan bor pile dibutuhkan alat bor pile yang memadai agar diameter dan kedalaman yang di inginkan bisa tercapai,tenaga yang terampil juga mutlak dibutuhkan agar hasil pekerjaan bisa maksimal.

Untuk menjalankan sebuah alat bor pile dibutuhkan seorang operator yang dibantu dua sampai tiga tenaga yang harus sudah terbiasa bekerja dimedan yang berat agar pekerjaan berjalan lancar.Berikut beberapa alat yang biasa digunakan untuk bore pile :

  1. Alat Mini Crane
  2. Alat Gawangan

Estimasi Harga Pengerjaan Dengan Bore Pile

Harga Pondasi dan Jasa Bore Pile serta Biaya  lainya yang dibutuhkan pada pekerjaan jasa pondasi bore pile dipengaruhi beberapa hal, antara lain Besaran Diameter bore pile yang digunakan,medan dan lokasi yang akan dikerjakan serta beberapa hal lainya.

Harga Pondasi Bore pile dihitung dengan satuan per meter lari (M1) sesuai kedalaman,atau bisa juga dihitung per titik bor atau untuk beberapa pekerjaan pondasi bore pile yang volumenya sedikit di bawah 200 meter bisa menggunakan harga bor pile charge minimum atau lump sump.Ini tentu saja berhubungan dengan biaya operasional yang dibutuhkan .Jika Volume sedikit dan mengikuti harga per satuan meter lari (m1) atau per titik tentu tidak bisa menutup biaya operasional pekerjaan.